Library orientation sesi 5 di Perpustakaan UNISA Yogyakarta dirasa oleh peserta sangat menarik dan menyenangkan. Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta kembali menyelenggarakan kegiatan rutin seri literasi informasi bertajuk Library Orientation sesi 5 pada Senin, 13 Oktober 2025. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru tahun akademik 2025/2026 dan dilaksanakan secara hybrid (online dan offline) di Ruang Sidang Lantai 2, Gedung Siti Moendjijah UNISA Yogyakarta. Melalui kegiatan ini, Perpustakaan UNISA berupaya memberikan pemahaman tentang perpustakaan, layanan apa saja yang dimiliki, koleksi yang bisa diakses, dan koleksi yang bisa diakses melalui website perpustakaan. Para mahasiswa baru sangat antusias mengikuti acara ini karena merupakan tema yang favorit ditunggu-tunggu oleh mahasiswa baru agar mengenal perpustakaan UNISA Yogyakarta. Para peserta merasakan acara ini sangat menarik dan menyenangkan karena acara dirasa sangat hangat, Santai, dan senang mengikutinya.

Acara diawali dengan pembukaan oleh moderator Lilik Layyina, SIP. Acara inti disampaikan oleh pemateri ibu Irkhamiyati, SIP., MIP. Acara dimulai dengan ice breaking, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Library Orientation, pengenalan visi dan misi Perpustakaan UNISA Yogyakarta, serta informasi tentang layanan, koleksi cetak dan elektronik, dan cara mengakses koleksi digital. Pemateri juga memandu peserta untuk praktik akses e-book melalui aplikasi E-Library UNISA Yogyakarta (Kubuku) dan E-Library Digido UNISA Yogyakarta, yang dapat diunduh pada perangkat Windows, iOS, maupun Android melalui laman https://lib.unisayogya.ac.id/. Selain itu, peserta juga mempraktikkan cara mengakses e-journal melalui database berlangganan EBSCO. Sesi selanjutnya diisi dengan tanya jawab, dengan topik seputar aturan peminjaman buku yang hilang atau rusak, layanan Canva Pro, prosedur layanan fotokopi, serta penggunaan Health Corner. Kegiatan ditutup dengan penyerahan doorprize bagi peserta yang aktif bertanya dan foto bersama seluruh peserta serta pemateri.