Mengenalkan Profesi Melalui Kelas Inspirasi

Bagi segelintir orang, pendidikan masih menjadi sesuatu yang mahal harganya. Keterbatan ekonomi, letak geografis, kurangnya dukungan, dan malas, menjadi faktor penghambatnya. Pendidikan yang layak belum merata di negeri ini. Akibatnya banyak generasi-generasi yang masih dalam usia sekolah meninggalkan bangku pendidikan. Hal itu menjadi bahan pemikiran serius yang berhubungan dengan nasib generasi penerus bangsa. Berbagai upaya dilakukan untuk menyadarkan pentingnya pendidikan sejak tingkat dasar. Tanggung jawab ini menjadi tanggung jawab berbagai elemen untuk turut berkontribusi dalam pendidikan. Oleh karena itu, sudah selayaknya berbagai elemen saling berinisiasi mengambil peran memajukan pendidikan bersama-sama.

“Kelas Inspirasi” mengambil peran di sini. Konsep itu berawal dari teman-teman Indonesia Mengajar yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang profesi, secara serentak mengunjungi dan mengajar di Sekolah dasar (SD), yaitu pada Hari Inspirasi. Kamis, 24 April 2014. Kami ditugaskan di SDN Ngempak Sari, Margomulyo, Seyegan Sleman DIY. Para fotografer bertugas mendokumentasikan kegiatan. Apel bersama mengawali kegiatan, sebagai perkenalan relawan dengan guru dan murid. Acara dikemas sedemikian rupa diselingi permainan edukatif untuk menarik minat anak-anak. Tugas kami adalah membangun mimpi anak-anak dengan berbagai metode dan alat peraga. Kami mengenalkan berbagai profesi untuk memotivasi cita-cita mereka. Di sanalah peran kami sebagai inspirator dibuktikan, untuk membangun mimpi anak-anak Indonesia. Melalui berbagai cerita dan pengalaman dari berbagai profesi yang ada, menjadi bibit para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tinggi pada diri mereka. Tujuan lain diselenggarakannya Kelas Inspirasi adalah terjalinnya relasi yang dapat dilakukan antara pihak relawan dengan pihak sekolahan, untuk bisa andil membangun pendidikan di sekolah tersebut.

Salah satu pengajar, Irkhamiyati (pustakawan), menggunakan buku-buku cerita menarik yang berisi motivasi dalam mengenyam pendidikan. Pengenalan perpustakaan dan upaya menumbuhkan gemar membaca juga diberikan. Karena dia bekerja di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, lembaga yang bertujuan mencetak para profesioanl bidang perawat, bidan, fisioterapi, dan dosen, maka profesi-profesi tersebut juga dikenalkannya. Anak-anak berpraktek sebagai dokter, perawat, dan bidan yang sedang memeriksa pasiennya dengan alat kesehatan. Praktik tersebut sangat menginspirasi akan cita-cita mereka.

Di akhir sesi, semua murid, guru, dan relawan bergabung di halaman. Betapa senangnya mereka menuliskan cita-citanya, dengan bolpen yang dibagikan oleh relawan. Sebagai penutupan Kelas Inspirasi, diterbangkanlah puluhan balon gas ke udara, sebagai lambang untuk menggantungkan mimpi setinggi mungkin dan kelak bisa mewujudkannya. Tak disangka dan tak diduga, sambutan anak-anak SDN Ngemplak Sari akan Kelas Inspirasi ini sangat luar biasa. Dimulai dari beberapa murid kelas enam yang sangat terharu dan senang, lalu yang menangis. Dalam hitungan menit saja, puluhan murid dari berbagai kelas ikut menangis sebagai wujud haru, senang, dan sedih karena harus berpisah dengan guru baru dari Kelas Inspirasi ini. Begitulah serunya Kelas Inspirasi di SDN Ngemplak Sari.

(irkhamiyati/Pustakawan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakart)

Kelas Inspirasi

3 thoughts on “Mengenalkan Profesi Melalui Kelas Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *