Monev Hibah Komputer untuk Otomasi Perpustakaan oleh Unisa Yogyakarta

Senin, 14 Oktober 2019 Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melakukan monitoring dan evaluasi yang kedua kali ke beberapa sekolah Muhammadiyah wilayah Sleman. Monev bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi perkembangan dari penerapan sistem otomasi di beberapa sekolah tersebut. Hibah komputer dilengkapi dengan program SLiMS yang tinggal dipakai sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Dalam praktiknya masih terdapat kendala dalam mengaplikasikan otomasi di beberapa sekolah tersebut. Oleh karena itu, Perpustakaan UNISA Yogya kembali melalukan monev agar tujuan hibah dapat terlaksana.

Monev kali ini dilakukan di 3 sekolah, yaitu SMK Muhammadiyah Gamping, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, dan SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Kendala yang ada hamper sama, yaitu sistem xamp yang bermasalah. Setelah dilakukan perbaikan lebih lanjut melalui bantuan Pustakawan Berprestasi Nasional, yaitu Abdul Wahid Aziz, A.Md (Pustakan SMA Muhamamdiyah 1 Yogyakarta), program bisa dijalankan.

Tidak hanya sampai di situ, pendampingan lebih lanjut masih dilakukan oleh Perpustakaan UNISA Yogyakarta. Caranya yaitu dengan memperbantukan mahasiswa PPL (Praktik Pengenalan Lapangan) dari Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN SUKA untuk membantu dan mendampingi proses apliasi otomasi di perpustakaan sekolah tersebut. Kedua siswa PPL yang membantu yaitu Tantriana Nikamatul dan Fina Makhabatillah. Sinergi berbagai pihak sangat dirasakan manfaatnya untuk pengembangan perpustakaan.

Irkhamiyati, M.IP selaku Kepala Perpustakaan UNISA Yogya sangat bersyukur bahwa program pendampingan ini sangat disuport oleh pimpinan UNISA. Inilah bentuk kepedulian kepada sesama. Hal ini juga sebagai implementasi dari program Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (FPPTMA) untuk membina perpustakaan sekolah Muhammadiyah di wilayahnya, agar semua amal usaha berkembang dan maju semuanya.  (Irkham-2019)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *