Pelatihan Literasi Informasi bagi Dosen Unisa Yogya

Senin, 11 Februari 2019 bertempat di Ruang Hj. Baroroh Baried (Hal 4) Kampus Terpadu Unisa Yogyakarta, telah diselenggarakan pelatihan Literasi Informasi bagi dosen Unisa Yogyakarta. Materi pertama disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Unisa Yogya, Irkhamiyati, yang mengenalkan lebih lanjut tentang layanan Perpustakaan Unisa Yogya. Materi pokok ditekankan pada cara pencarian berbagai sumber informasi melalui website lib.unisayogya.ac.id. Melalui website tersebut juga disajikan berbagai link yang dapat diakses, sehingga dosen merasa mudah dan cepat dalam menemukan berbagai sumber informasi.
Materi selanjutnya disampaikan oleh pihak Ebsco yang diwakili oleh Bp. Eric Junikon. Pembicara menyampaikan berbagai subyek dan database yang ada di Ebsco. Terlebih lagi dalam pencarian sumber-sumber data tersebut agar mudah, serta bagaimana penyimpanan dan cara mengelola hasil pencariannya. Database baik berupa artikel, ebook, dan lainnya disediaka oleh Ebsco. Saat ini Unisa Yogya diberi trial untuk mengakses Ebsco secara gratis sampai bulan Maret 2019. Statistik hasil pengaksesan dan animo dosen dalam memanfaatkan database ini akan menjadi salah satu pertimbangan untuk melanggan Ebsco secara mandiri atau tidak di waktu yang akan datang.
Pelatihan berlangsung efektif, banyak dosen yang antuias bertanya dan diskusi dalam materi ini. Harapan Perpustakaan Unisa Yogya dari pelatihan ini adalah agar dosen, sebagai tenaga pendidik di Unisa Yogyakarta lebih mengerti akan berbagai sumber informasi dan mau serta mampu menularkan informasi tersebut kepada mahasiswanya, sehingga eresources yang telah dilanggan seimbang dengan biaya yang dikeluarkan. Tujuan akhirnya adalah agar para civitas akademika melek informasi sebagai bekal dari kaum pembelar sepanjang hayat, dan khususnya demi kesuksesan studi di Unisa Yogyakarta. (Ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *