WORKSHOP PENULISAN DAN PELATIHAN LITERASI INFORMASI

WORKSHOP PENULISAN DAN PELATIHAN LITERASI INFORMASI578019092014-0241173792 280419092014-0241171089 web IMG_9931

Guna memberikan tambahan wawasan tentang dunia tulis dan baca kepada mahasiswa, Perpustakaan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta menggelar Workshop Penulisan Artikel dan Resensi Buku, Senin (15/9). Pustakawan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, Irkhamiyati, SIP., menjelaskan bahwa workhsop tersebut sangat menunjang perkuliahan misalnya dalam menyusun makalah dan kegiatan non akademik seperti lomba penulisan karya tulis ilmiah yang sering diikuti oleh mahasiswa STIKES ‘Aisyiyah. Selain itu dalam waktu dekat perpustakaan akan menggelar lomba penulisan resensi buku sehingga sebelum lomba, mahasiswa dibekali dengan pelatihan. Hal tersebut sebagai upaya untuk memotivasi mahasiswa mengikuti lomba resensi buku.

            Lebih lanjut Irkhamiyati menambahkan, tujuan lain digelarnya workshop ini adalah agar para mahasiswa mampu menulis resensi buku dan dimuat dimedia massa. Dalam workshop yang diikuti oleh lebih dari 80 mahasiswa tersebut di ulas mengenai tips dan triks menulis di media massa.

            Dosen dan penulis, Gugun L Guyanaie dalam kesempatan menjadi narasumber workshop, menyatakan bahwa mahasiswa memiliki imajinasi dan tulisan sudah layak terbit minimal di buletin internal. Mahasiswa yang mempunyai basic baca tulis tinggal dikembangkan dengan mengintegrasikan dengan isu-isu yang lebih aktual sehingga gagasan mereka di dunia medis di baca banyak orang. ”Tradisi tulis dan baca adalah soal motivasi. Kegiatan workshop seperti ini baiknya dilakukan setiap semester”, tuturnya.

            Pada kesempatan lain, Perpustakaan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta juga mengadakan Pelatihan Literasi Informasi. Pesertanya adalah mahasiswa dari berbagai Program Studi dan dari semua organisasi kemahasiswaan di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Peserta ada yang mewakili BEM (Badan eksekutif Mahasiswa), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan), HIMABIDA (himpunan Mahasiswa Ilmu kebidanan), HIMAFI (Himpunan Mahasiswa Ilmu Fisioterapi), AEC (Aisyiyah English Club), PIK-M (Pusat Informasi Kesehatan Reproduksi-Mahkota Puri).

            Materi yang disampaikan dalam Pelatihan Literasi Informasi yang disampaikan oleh Irkhamiyati, SIP, antara lain adalah: a). memotivasi mahasiswa agar lebih meningkatkan pemanfaatan layanan perpustakaan; b). Pentingnya literasi informasi bagi mahasiswa; c). Cara mengakses jurnal, e-journal, dan e-reshourches lainnya, d).Trik dan tips agar cepat dan tepat dalam penelusuran informasi, e). Praktik penelusuran berbagai sumber iformasi elektronik, f). Penulisan weblografi.

            Pembicara mengajak semua peserta untuk menularkan informasi yang sudah diperolehnya dalam pelatihan tersebut kepada orang lain, sehingga ilmu baru tersebut akan lebih bermanfaat. Pembicara juga mengajak peserta untuk banyak memanfaatkan e-reshources gratis yang sudah dilanggankan baik oleh Dikti, PNRI, BPAD melalui jogjalib.com, dll.

 

2 thoughts on “WORKSHOP PENULISAN DAN PELATIHAN LITERASI INFORMASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *