Dalam rangka mengisi liburan akhir semester genap tahun akademi 2023/2024 Perpustakaan UNISA Yogyakarta mengadakan kegiatan library cinema.  Library cinema yang kedua ini berupa nonton bareng film MARS (Mimpi Ananda Meraih Semesta). Film yang diadaptasi dari novel berjudul Lintang Lantip: Harga Seorang Ibu, ini sangat menginspirasi penontonnya. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 23 Juli 2024, pukul 09.00 WIB. Kegiatan nobar ini digelar di Perpustakaan UNISA Yogyakarta dan diikuti oleh pemustaka, yang mayoritas adalah mahasiswa. Antusias pemustaka dalam mengikuti nobar sangat luar biasa, kurang lebih terdapat 30 peserta turut memeriahkan. Bagi pemustaka yang berdomisili di area Yogyakarta dan sekitarnya serta bagi yang tidak mudik atau pulang kampung, kegiatan ini dapat dijadikan ajang hiburan.

Kegiatan nobar dibuka langsung oleh master of ceremony (MC), Ibu Lilik Layyina, yang dilanjutkan dengan sambutan singkat oleh Ibu Zeni Istiqomah, SIP., M.A. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan library cinema ini merupakan bagian dari layanan perpustakaan yang sifatnya memberikan hiburan sekaligus motivasi. Selain itu beliau juga mengajak untuk memanfaatkan layanan yang ada di perpustakaan. Layanan perpustakaan dapat diakses secara fisik maupun daring. Meskipun liburan, pemustaka tetap dapat memanfaatkan layanan perpustakan, baik secara langsung maupun memanfaatkan layanan digital yang dimiliki oleh perpustakaan. Layanan digital tersebut dapat diakses pada website perpustakaan, misalnya repository, database e-book dan e-journal, dan lain sebagainya.  

Selain nonton bersama, kegiatan ini juga memberikan giveaway menarik bagi pemustaka yang beruntung membuat review film terbaik. Ketentuan review film disampaiakan sebelum acara nonton bareng dimulai. “Selamat menyaksikan dan menikmati Film MARS sobar Perpus Unisa Yogya”, tutur Ibu Lilik Layyina, SIP. Penayangan Film MARS kurang lebih berdurasi 1,5 jam. Peserta sangat menghayati isi film yang ditayangkan, bahkan ada yang sampai menangis. Pada sesi akhir kegiatan dilakukan foto bersama, pemustaka dengan pustakawan. “Mahasasiswa diharapkan terus berjuang meraih cita-cita demi masa depan yangg cemerlang dan jangan lupakan orang tua kita”, closing statement dari Ibu Irkhamiyati, M.IP., selaku kepala Perpustakaan UNISA Yogyakarta.